Minggu, 19 Desember 2021

RINGKASAN PERKULIAHAN FILSAFAT PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

 

Perkuliahan filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan memberikan pengalaman yang sangat luar biasa. Pemahaman filsafat secara mendalam bermuara pada kedekatan kita kepada Allah SWT. Banyak sekali permasalahan-permasalahan yag muncul yang kemudian memerlukan kajia secara filsafat untuk memberikan solusi jawaban terhadap permasalahAn tersebut. Perkuliahan filsafat memberikan pengalaman tentang kegiatan luruh ego yang memiliki makna tentang luruhnya ego atau kesombonan yang kita miliki. Perkuliahan ini juga memberikan pengalaman tentang landasan-landasan filosofi maupun teori terkait dengan pendidikan. Tentunya ini dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari yang berkaitan dengan bidang pendidikan.

Ringkasan perkuliahan matakuliah filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan dari setiap pertemuan dapat kami sampaikan sebagai berikut:

Minggu

Ringkasan materi

1

Perkenalan , Kontrak Belajar  & Mengenal Filsafat

Pada pertemuan pertama perkuliahan matakuliah Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Beliau menyampaikan tentang mekanisme perkuliahan yang akan dilaksanakan selama satu semester. Dalam proses perkuliahan beliau menjelaskan, selama proses perkuliahan akan mengandalkan aplikasi zoom meeting untuk proses perkuliahan secara daraing, aplikasi WA untuk berkomunikasi dengan mahasiswa terkait dengan perkuliahan serta untuk pengumpulan tugas kuliah. Perkuliahan filsafat yang beliau laksanakan akan menggunakan system tugas disetiap pertemuan diconvert dalam bentuk pdf dengan menggunakan huruf capital sebagai penciri dari tugas filsafat. Jadi perkuliahan filsafat ini kata beliau akan melatih dalam managemen tugas.

Beliau menyampaikan juga terkait dengan sumber-sumber referensi yang dapat dibaca terkait dengan perkuliahan filsafat. Beliau menginstruksikan untuk membaca tulisan yang ada di blog beliau (powermathematics.blogspot.co.id) dan website beliau (http://uny.academia.edu/marsigithrd) serta beberapa artikel yang beliau tulis. Selian itu beliau juga menulis di facebook terkait dengan note of the day sebagai pendukung perkuliahan filsafat. Dalam perkulaiahn ini beliau memberikan tugas untuk membuat CV untuk setiap mahasiswa dan lima pertanyaan terkait dengan filsafat serta meresume perkuliahan beliau yang telah diupload di youtube.

Beliau mengawali perkuliahan dengan menjelaskan apa itu filsafat. Filsafat itu olah pikir. Filsafat itu pikiran kita masing-masing artinya jika kita tidak setuju dengan filsafat berarti tidak setuju dengan pikiran kita sendiri. Struktur filsafat itu berbeda-beda dalam mengembangkan filsafat. Sehingga harus banyak referensi dalam mendukung tentang ilmu filsafat. Absolut itu hanya milik Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Yang berjalan adalah amalnya tapi pikiranya tidak. Semua urusan dunia itu relative besar itu adalah kecil. Kalau belum bisa memahai besar itu kecil itu belum bisa berfilsafat karena besar itu kecil itu relative. Berfilsafat itu tidak perlu tokoh. tidak sebenar-benar filsafat kalau tidak merujuk tokoh karena masih didunia. Filsafat itu ilmu yang meluas di bagian belakang artinya supaya kita mau berfikir lebih luas. Dunia itu kontradiktif artinya mampu mengelola perbedaan, pertentangan dan permasalahan di lingkungan. Komprominya yaitu ngono yo ngono tapi ojo ngono. Kontra diktif itu bahanya kemunafikan artinya kita harus hati-hati karena manusia tidak akan terhindar dari kemunafikan kecuali dapat pertolongan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

2

Luruh Ego 1

Dalam kegiatan luruh ego yang pertama ini Beliau menyuruh untuk menyiapkan kertas dan alat tulis yang akan digunakan untuk menjawab pertanyaan di luruh ego ini. Hasil dari luruh ego satu ini, banyak mahasiswa yang nilai 0, tidak ada satupun mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh beliau di luruh ego ini. Beliau mengapresiasi nilai yang kita dapat karena memang mahasiswa datang dalam keadaan yang belum tahu terkait dengan filsafat ini. Perkuliaahn kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan yang beliau sampaikan di luruh ego ini yang dikombinasi dengan tanya jawab dengan mahasiswa.

3

Luruh Ego 2

Pada pertemuan ini beliau masih menerapkan kegiatan luruh ego. Dengan metode yang sama yaitu beliau memberikan soal kepada mahasiswa dengan menyebut misalkan apa arti filsafat A dan seterusnya kemudian mahasiswa untuk mengratikan makna dari soal yang diberikan. Dalam luruh ego ini masih banyak mahasiswa yang menjawab salah. Prof. Marsigit masih mengapresiasi dari semua hasil yang diperoleh oleh mahasiswa untuk senantiasa membaca referensi serta beberapa tulisan yang dibuat oleh beliau yang ada di blog beliau.

Dalam luruh ego yang kedua ini, saya dapat menjawab dengan skor 1 artinya dari sekian soal yang dibuat atau diberikan dalam luruh ego ini saya hanya betul 1 dan ada beberapa mahasiswa yang jawabanya masih salah semua. Luruh ego ini melatih kita untuk mengikhlaskan terhadap hasil yag kita peroleh, yang mengartikan bahwa kita masih banyak kekurangan dan melatihkan menyadarkan kita terhadap apa yang kita sombongkan. Untuk itu sebagai bentuk terapi kita terhadap ego yang ada pada diri kita, kita bisa membaca facebook dalam bentuk note of the day. Note of the day sebagai bentuk refleksi dalam kehidupan kita sehari-hari. Melalui note of the day ini banyak berisikan tentang nasehat-nasehat yang sangat bagus sebagai pemahaman bagi kita, dalam berinteraksi baik dengan keluarga, tetangga, teman kerja dan bahkan kepada Allah SWT. Filsafat itu sopan santun apalagi spiritual lebih dari sopan santun karena berkaitan dengan keyaninan terhadap kepercayaan terhadap Tuhan Allah SWT.

4

Luruh Ego 3

Hampir sama dengan model tes sebelumnya, hanya saja istilah yang ditanyakan lebih sulit dibandingkan sebelumnya. Kalimat atau istilah yang digunakan lebih panjang dari kata-kata sebelumnya yang berarti maknanya juga lebih dalam. Kata kunci yang ditanyakan menyangkut dimensi hidup yakni dimensi materi, formal, norma dan spiritual. Pada luruh ego kali ini saya mendapatkan skor 0 dan selalu menginstropeksi diri untuk selalu membaca dan membaca. Setelah melaksanakan luruh ego, seperti biasanya beliau menjelaskan tentang apa istilah-istilah yang digunakan dalam luruh ego. Kemudian beliau melanjutkan perkuliahan dengan melakukan Tanya jawab dan diskusi dengan mahasiswa terhadap apa yang belum dipahami terkait dengan perkuliahan filsafat atau makan-makna lain dari hasil membaca blog dan note of the day.

5

Prof marsigit ijin untuk tidak kuliah karena kondisi Beliau yang kurang sehat. Pada pertemuan ini beliau memberikan tugas kepada mahasiswa untuk berdiskusi tentang pengalaman berdasarkan buku Emmanuel Kant.

6

Luruh Ego 4

Masih menggunakan pola tes yang sama, tetapi istilah yang ditanyakan adalah istilah yang sepertinya kontrproduktif tetapi dipahami secara pasangan. Tentunya ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dan saya mendapat skor 0.Pada luruh ego ini masih banyak jawaban mahasiswa yang salah. Ini menandakan bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan yang kita memiliki sehingga kita harus mengakui tentang hal itu. Setelah melaksanakan luruh ego, seperti biasanya beliau melanjutkan menjelaskan istilah-istilah yang digunakan dalam luruh ego dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dengan mahasiswa.

Pada luruh ego ini semua mahasiswa ikhlas dan mengakui bahwa memang masih banyak kekurangan yang kita miliki oleh mahasiswa. Inilah esensial dari program luruh ego yang senantiasa dilaksanakan diawal setiap perkuliahan sebagai bentuk luruhnya ego. Konsep kita dalam berfilsafat yaitu kita disuruh berfikir. Jadi beliau menasehati ke para mahasiswa dalam mempelajari filsafat jangan dihafal dan jangan ditulis. Karena sebenar benar filsafat yaitu keadaan memikirkanya, jika keadaan tidak memikirkanya berarti mitos.  Dapat dijelaskan bahwa berfilsafat itu berjuang melepaskan mitos untuk menuju logos. Fungsi luruh ego yaitu mengakui dan menyadari luruhnya ego kita dan mengadakan yang ada dan yang mungkin ada

7

Luruh Ego 5

Pada pertemuan kuliah ini Prof Marsigit masih melaksanakan program luruh ego. Dengan model dan cara yang sama beiau menerapak luruh ego dengan menyiapkan beberapa pertanyaan denga istilah-istilah yang beliau siapkan. Tentunya level yang diberikan lebih sulit. Masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan luruh ego kali ini. Saya masih dengan kekonsistensinan saya yaitu mendapatkan skor 0. Hal ini sebagai bentuk evaluasi bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan yang kita miliki.    Semua soal yang di gunakan oleh beliau berasal dari bukunya Immanuel Kant dengan judul the critique of pure reason. Hakekatnya kenapa dilaksanakan luruh ego ini yaitu dalam rangka meluruhkan ego yang kita miliki, sehingga ketika mahasiswa tidak bisa menjawab soal ketika luruh ego menandakan bawah masih terdapat kelemahan-kelemahan yang muncul pada diri kita baik yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari. Untu itu, Prof Marsigit selalu memberikan nasehat untuk senantiasa membaca tentang berbagai referensi yang berkaitan dengan filsafat

8

Materi Tentang Syntesises On The Philosophical And  Theoretical Ground Of Mathematics Education

pada perkuliahan kali ini diisi oleh Prof. Marsigit ddengan menampilkan materi tentang Syntesises On The Philosophical And  Theoretical Ground Of Mathematics Education. Pada kesempatan ini beliau menjelaskan tentang landasan filosofis dan teoritis yang dapat digunakan untuk melaksanakan proses pendidikan. Beliau menjeaskan, bahwa hal ini penting untuk dipahami karena ini menjadi dasar bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Meskipun tema ini fokus pada bidang matematika, materi ini dapat diaplikasikan kedalam bidang-bidang yang lainya. Terdapat 18 kegiatan atau aktivitas landasafn filosofis dan teoritis yang dapat dipahami dan dikembangkan dalam menjalankan proses pendidikan. Masing-masing aktivitas terdapat poin-poin yang dapat dideskripsikan ke dalam biang kita masing-masing tertama saya dibidang biologi. Pada perkuliahan ini mahasiswa diberikan tugas untuk memilih satu aktivitas landasan filosofis dan teoritis untuk didiskusikan dan dikembangkan menyesuaikan bidangnya. Kemudian diskusi mahasiswa bisa mengacu pada pertanyan-pertanyaan sebagai berikut: Membahas implikasinya terhadap praktik pengajaran matematika?  Yang mana di antara mereka yang paling menguntungkan bagi Anda dan pengajaran Anda? Menjelaskan

9

Materi Filsafat Pendidikan

Perkuliahan menjelaskan tentang Politics and Idiliogy of Education. Prof. Marsigit membagi perkembangan masyarakat mulai dari industrial Trainer, Technological Pragmatism, Old Humanism, Progressive Eduacotor sampai dengan Public Educator. Masing-masing tahapan tersebut dipilah dalam beberapa aspek /landsan pendidikan mulai dari politik pendidikan sampai dengan orientasi kurikulum. Masing-masing memiliki landasan filosofis yang berbeda. Beliau memberikan contoh bagaimana realitas pendidikan di Indonesia yang sebagian besar masih bertahan pada tahapan Old Humanism, belum masuk pada tahapan progressive educator. Di akhir kuliah beliau juga sedikit membahas karya besar di bidang Filsafat Immanuel Kant yakni The Critique of Pure Reason yang menjadi bahasan utama disertasi Prof. Marsigit.

10

Materi Filsafat Tentang Etika dan Estetika

Pada pertemuan perkuliahan kali ini, Prof. Marsigit memberikan perkuliahan dengan tema diluar dari perencanaan pembelajaran beliau. Namun demikian, tema ini menjadi pemahaman bagi kita semua tentang pentingnya kita memiliki etika dan estetika dalam berinteraksi dengan siapapun. Bahkan pada kesempatan ini beliau memberikan contoh yang sangat luar biasa menurut saya terkait bahwa ketika kita memiliki kesalahan kepada orang lain, dan jika memang merasa bersalah kita harus berani untuk meminta maaf kepada pihak yang mungkin dirugikan dengan apa yang sudah kita berbuat sehingga dengan tindakan ini akan memberikan kebaikan dan tidak memunculkan peselisihan atau permusuhan diantara kita.

Dalam mempraktikan etika dan estetika dalam kehidupan kita sehari-hari tidak mengenal yang namanya pangkat, gelar, kasta dan lain sebagainya. Namun seyogyanya ketika kita berinteraksi dengan orang yang lebih tua dari pada kita, kita harus menunjukan unggah ungguh yang baik sehingga orang yang lebih tua dari pada kita merasa dihormati dengan kesopanan yang kita lakukan. Kebiasaan sopan santun yang identik dengan orang indonesia harus kita sebarkan, harus kita pertahankan sehingga kita tidak ikut dengan perkembangan jaman yang semakin membawa generasi muda yang kerah yang negatif. Etika dan estetika yang saat terjadi yaitu semakin lunturnya nilai-nilai ini pada diri para pemuda penerus bangsa sehingga perlu tanamkan sejak dini tentang etika dan estetika kepada anak-anak kita

11

Menyampaikan Tugas Akhir

Pada perkuliahan ini Prof. Marsigit menjelaskan tentang tugas yang akan dikumpulkan diakhir semesterean. Beliau menjelaskan terdapat dua tugas akhir yaitu tugas akhir 1 dan tugas akhir 2. Dimana untuk tugas akhir satu bertemakan tentang inovasi pendidikan dan pembelajaran sedangkan untuk tema tugas akhir dua bertemakan tentang penerapan filsafat dalam pendidikan dan pembelajaran yang disesuaikan dengan bidang kita masing-masing

12

Mengerjakan Tugas Akhir 1 dan Tugas Kahir 2

Untuk minggu ini pertemuan ditiadakan, sesuai dengan penjelasan dipertemuan pada minggu 11 bahwa perkuliahan diganti dengan mengerjakan tugas akhir 1 dan tugas akhir 2.

13

Mengerjakan Tugas Akhir 1 dan Tugas Kahir 2

Untuk minggu ini pertemuan ditiadakan, sesuai dengan penjelasan dipertemuan pada minggu 11 bahwa perkuliahan diganti dengan mengerjakan tugas akhir 1 dan tugas akhir 2.

14

Hasil Review Tugas Akhir

Pertemuan ini Prof. Marsigit menjelaskan tentang hasil eeview bacaan beliau dari tugas mahasiswa yang sudah dikirim ke beliau. Beliau menemukan masig terdapat ketidak sesuaian tugas dengan tema yang ditentukan. Pada pertemuan ini beliau kemudian menjelaskan ulang terkait dengan maksud tema yang diberikan. Meskipun waktu yang digunakan untuk mebgerjakan sudah selesai beliau masih memberikan kesempatan waktu kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugas akhirnya.

15

Hasil Review Tugas Akhir

Masih dengan tema yang sama, pada pertemuan ini Prof. Marsigit memberikan pengutaan dan penjelasan ulang terkait dengan tugas akhir satu dan dua. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan dari hasil penelahaan beliau terkait dengan tugas akhir mahasiswa. Beliau menjelaskan bahwa tugas mahasiswa yang dibaca secara random, tugas mahasiswa masih banyak yang belum sesuai dengan tema yang diberikan. Tugas yang saya kerjakan termasuk dari sampel tugas yang dibaca oleh Prof. Marsigit. Tugas yang saya kumpulkan ternyata belum menyinggung dari tema yang ditentukan oleh Prof. Marsigit. Beliau masih memberikan kesempatan waktu kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugas akhirnya. Pada kesempatan ini beliau melanjutan dengan menjelaskan tugas yang dimaksud dan arah yang diinginkan dari tugas akhir ini. Pada perkuliahan ini juga diadakan tanya jawab dengan mahasiswa terkait dengan tugas akhir.

16

Finalisasi Tugas Akhir 1 dan Tugas Akhir 2

Pada perkuliahan ini Prof. Marsigit mengecek tugas secara langsung denangn mengambil beberapa contoh pekerjaan mahasiswa. Ada beberapa mahasiswa yang menjadi sampel dan hasilnya ternyata tugas yang dikerjakan mengandung makna sempit. Beliau menginstruksikan judul yang sudah dibuat untuk dijadikan sebagai sub judul sehingga tugas yang dihasilkan bisa mengandung makna yang luas. Prof Marsigit masih memberikan waktu kepada mahasiswa untuk memperbaiki tugas yang sudah dibuat. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar